Fitur Terbaru Yang Bikin Kece Dan Keren Android 13, Baru Meluncur!

TV yang menghadirkan sejumlah fitur baru baru saat ini hanya tersedia untuk pengembang Android untuk menguji aplikasi di OS dan memberikan umpan balik. Namun, ada kemungkinan besar, fitur yang tercantum akan masuk ke smart TV. 
Tema utama Android 13 Beta baru untuk TV adalah meningkatkan opsi penyesuaian bagi pengguna untuk menyesuaikan cara mereka berinteraksi dengan platform. Fitur baru utama, yaitu gambar di dalam gambar (PiP) yang akan memasang acara ke sisi layar saat Anda menelusuri menu TV pintar Anda.

 

Ini bertujuan agar orang yang memiliki TV besar mendapatkan hasil maksimal dari layar mereka untuk meningkatkan multitasking. Tidak diketahui seberapa besar jendela mini, tetapi menurut Android 13 Beta untuk TV 2, pengembang dapat memilih antara rasio aspek 1:2,39 atau 2,39:1.

Ada juga perubahan baru yang datang ke Keyboard Layouts API untuk mendukung tata letak yang berbeda selain standar QWERTY tradisional 13 Beta 2 menyertakan perubahan kinerja pada audio sistem dan antarmuka HDMI, tetapi tidak diketahui bagaimana perubahan itu akan terwujud.

Fitur Terbaru Yang Bikin Kece Dan Keren Android 13, Baru Meluncur!

 

Google secara resmi meluncurkan update dari sistem android, yakni Android 13. Android yang memiliki kode nama Tiramisu ini kabarnya memiliki peningkatan fitur menarik dari pendahulunya, terutama dari segi desain dan privasi.

Meski masih terbatas di perangkat Google Pixel besutan Google, kehadiran Android 13 bikin para tech enthusiast gak sabar buat menjajalnya. Intip dulu sederet fitur keren Android 13 yang wajib kamu tahu berikut ini, yuk!

1. Material You yang memberikan banyak pilihan buat kustomisasi tampilan android kamu

Material You sendiri adalah cara unik personalisasi tampilan pengguna (UI) kamu berdasarkan wallpaper yang kamu gunakan. Jadi, berdasarkan wallpaper yang kamu gunakan, Android menawarkan hingga 16 pilihan warna yang bisa kamu pilih untuk menentukan warna tema, tulisan, dan ikon Android.

Tapi, gak semua ikon aplikasi bisa dikustomisasi. Hanya aplikasi yang memiliki pilihan ikon monokrom saja yang bisa dikustomisasi.

Oh iya, selain tema, tampilan dari pemutar musik di notifikasi juga mendapat penyegaran di Android 13. Kini, kover dari album musik akan menjadi latar dari notifikasi. Kemudian, kamu juga bisa play/pause, maju/mundur, dan mengatur output musik dari notifikasi.

2. Lebih mudah copy paste dan editing di clipboard

Ketika kamu meng-copy atau cut tulisan di Android 13, kamu akan melihat hasil tulisan yang kamu copy di pojok kiri bawah Android. Sehingga, kamu bisa tahu tulisan apa yang kamu copy di clipboard.

Kamu juga bisa mengubah tulisan yang kamu copy dengan menekan ikon pensil di clipboard. Hal ini memudahkan kamu ketika tulisan yang disalin membutuhkan perubahan.

Lebih kerennya lagi, Android 13 otomatis menghapus tulisan yang kamu salin di clipboard dalam satu jam. Hal ini dilakukan agar kerahasiaan tulisan yang kamu salin selalu terjaga. Apalagi jika kamu menyalin tulisan sensitif, seperti email atau password yang rentan diretas orang lain.

3. Peningkatan privasi dan akses aplikasi ke multimedia yang semakin ketat

Biasanya, beberapa aplikasi membutuhkan akses ke galeri, foto, video, atau lokasi. Hal ini dapat mengancam keamanan privasi pengguna.

Tapi, tenang saja karena di Android 13 perizinan aplikasi untuk mengakses data kita jadi semakin ketat. Jika biasanya aplikasi membutuhkan akses ke semua galeri, di Android 13 kamu bisa menentukan foto, video, atau album tertentu yang bisa diakses oleh suatu aplikasi. Jadi, keamanan kamu pun makin terjaga.

4. Pengaturan bahasa yang lebih spesifik untuk setiap aplikasi

Fitur yang tak kalah penting adalah pengaturan bahasa di Android 13. Jika sebelumnya kamu hanya bisa mengatur satu bahasa untuk semua sistem dan aplikasi, kini di Android 13 kamu bisa mengatur bahasa yang berbeda di setiap aplikasi.

Misalnya kamu memilih Bahasa Inggris untuk pengaturan sistem. Tapi, khusus aplikasi Google Maps, kamu bisa mengaturnya secara spesifik untuk menampilkan Bahasa Indonesia. Kemudian, untuk aplikasi YouTube, kamu pun bisa mengaturnya menjadi setelan bahasa asing lain, seperti Bahasa Jepang misalnya. Jadi, kamu bisa mengkustomisasi bahasa di setiap aplikasi yang kamu miliki.

5. Mendukung dynamic spatial audio dan bluetooth low energy audio

Update Android 13 sangat memanjakan penikmat musik. Pasalnya, Android 13 mendukung dynamic spatial audio. Dengan fitur ini, kamu akan merasakan pengalaman musik serasa musik tersebut mengelilingi kepala kamu. Tapi, tentunya kamu harus menggunakan headset yang mendukung dynamic spatial audio.

Fitur yang tak kalah penting di Android 13 juga mendukung audio bluetooth rendah energi. Fitur ini membuat delay audio yang kamu dengarkan lebih minim, membuat kualitas audio semakin bagus, kemudahan untuk terhubung dengan banyak perangkat dalam satu waktu, namun, tetap rendah daya sehingga bisa menghemat penggunaan baterai.

6. Pengaturan notifikasi lebih teratur

Biasanya, setiap kita menginstal aplikasi, notifikasi aplikasi tersebut akan muncul sejak awal terinstal. Kamu baru bisa mematikan notifikasi pada menu di pengaturan. Namun, hal itu berbeda di Android 13.

Pada Android 13, aplikasi yang baru terinstal akan meminta perizinan notifikasi kepada kamu. Jadi, kamu tak perlu repot mematikan notifikasinya di pengaturan dan bisa lebih fokus ke notifikasi dari aplikasi lain yang lebih penting dan esensial.

Meski saat ini masih terbatas di perangkat Google Pixel, kabarnya Android 13 bakal segera tersedia untuk perangkat lain di tahun 2022 ini. Setelah menilik fitur keren Android 13, apakah kamu jadi salah satu yang juga tak sabar untuk segera mencobanya?

Lihat Juga:

https://ikatekaundip.id/
https://greenacademy.id/
https://rumahkeadilan.co.id/
https://vendorpedia.co.id/